latihan soal filsafat ilmu

LATIHAN SOAL FILSAFAT ILMU

1.jelaskan apa yang saudara ketahui tentang pengertian filsafat?

2.jelaskan obyek material dan obyek formal dalam filsafat !

3.jelaskan apa yang saudara ketahui tentang peranan filsafat!

4.sebutkan  dan jelaskan cabang cabang filsafat yang saudara ketahui!

5.sebutkan cara - cara berfikir secara kefilsafatan yang saudara ketahui!

6.berangkat dari cabang - cabang filsafat ada tiga landasan pengembangan  ilmu pengetahuan yakni ontologi, epistemologi, dan aksiologi. jelaskan ke tiga landasan tersebut!

7.jelaskan apa yang saudara ketahui tentang pengertian  epistemologi!

8.menurut john hopers dalam bukunya "an introduction to philosophical analysis" mengemukakan ada enam alat dan di jadikan sumber pengetahuan. sebutkan dan jelaskan secara singkat enam alat tersebut!?

9.sebutkan dan jelasakan secara singkat teori teori kebenaran dalam pengetahuan!

10. pilih salah satu (plato  atau aristoteles), kemudian jelaskan tentang pembagian pengetahuan menurut filsuf yang saudara pilih !

11.apa yang saudara ketahui tentang pengertian filsafat ilmu!?

12.ada empat aliran dalam pengetahuan yakni rasionalisme , empirisme, kritisisme, dan positivisme. pilih salah satu dari empat aliran tersebut yang saudara ketahui, kemudian jelaskan pandangannya dan siapa filsuf dalam aliran yang saudara pilih itu!

13.jelaskan perbedaan antara metodologi dan metode!!!

14. jealaskan perbedaan antara metode siklus empirik dengan metode linier!! jika saudara diminta untuk memprediksi siapa presiden Republik Indonesia priode 2014-2019 yang akan datang , saudara tentu ingin meneliti dengan metode tertentu. metode apa yang tepat dan jelaskan mengapa menggunakan metode tersebut!

15.sebuah kategori penggolongan ilmu yang banayak di kemukakan para ahli ialah perbedaan segenap pengetahuan ilmiah dalam dua kelas  yan istilahnya saling berlawanan. pilih salah satu penggolongan ilmu tersebut, kemudian jelaskan!
                                 
16. pilih salah satu filsuf (The Liang Gie,August Comte,karl Raimund Popper, thomas S. Khun, atau Jurgen Habermas). kemudian jelaskan secara singkat pandangannya tentang klasifikasi ilmu dari filsuf  yang saudara pilih!

▒░▒▀▄.:::::: http://godaizone.blogspot.com ::::::.▀▄▒░▓
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Anonymous
AUTHOR
November 21, 2011 at 11:57 PM delete

pengertian filsafat
secara etimologi filsafat berasala dari bahasa yunani "pohilosophia" . kata philosophia terdiri dari kata philein yang berarti cinta (love ) dan sophia yang berarti kebijaksanaan(wisdom), sehingga secara etimologi filsafat berari cinta kebijaksanaan(love of wisdom) dalm arti yangn sedalam dalamnya.seorang filsuf adalah pecinta atau pencari kebijaksanaan.

filsafat sebagai suatu sikap
sikap secara filsafat adalah sikap menyelidiki secara kritis, terbuka , toleran dan selalu bersedia meninjau suatu problem dari semua sudut pandangan.

filsafat sebagai sebuah metode
artinya sebagai cara berfikir secara reflektif (mendalam) , penyelidikan yang menggunakan alasan , berfikikr secara hati hati dan teliti. filsafat berusaha memikirkan seluruh pengalaman manusian secara mendalam dan jelas.

filsafat sebagai kelompok persoalan.
banayak persoalan yang di hadapi manusia dan para filsuf berusaha memikirkan dan menjawabnya.

filsafat sebagai kelompok teori dan system pemikiran.
sejarah filsafat di tan dai dengan pemunculan teori teori abtau sistem sistem pemikiran yang terlekat pada nama nama filsuf besar.

filsafat sebagai analisa logis tentang bahasa dan penjelasan makna istilah.
tujuan filsafat adalah menyingkirkan ke kabur kaburan dengan cara menjelaskan arti istilah atau ungakapan yang adi pakai dalam ilmu pengetahuan dan di pakai dalam kehidupan sehari hari. mereka berpendirian bahwa bahasa merupakan laboratorium para filsuf, yaitu tempat menyemai dan mengembangkan ide ide.

filsafat merupakan usaha untuk memperoleh pandangan menyeluruh.
filsafat adalah ilmu pengetahuan yang menyelkidiki segala sesuatu yang ada secara mendalam dengan menggunakan akal sampai pada hakekatnya.

filsafat bukan mempersoalkan gejala gejala atau fenomena, tetapi yang di cari adlah hakekat dari suatu fenomena.


ilmu nfilsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala suatu dengan mendalam mengenai ketuhanan , alam semesta dan manusia sehingga dapat menghsilkan pengetahuan tentang bagaimana hakekatnya sejauh yang dapat di capai akal manusia dan bagaimana sikap manusia itu seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu. (hasbullah bakry)

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
November 22, 2011 at 12:09 AM delete

filsafat ilmu adalah penyelidikan tentang ciri ciri pengetahuan ilmiah dan cara cara untuk memperolehnya

Reply
avatar